Kamis, 02 Februari 2012

KEGIATAN ANAK SEKAMI


KEGIATAN YANG KAMI AMBIL DARI PAROKI MAMAJANG
1.1 MENGENAL SEKAMI
        Kegiatan kelompok yang ada di paroki Mamajang salah satunya adalah SEKAMI atau yang lebih singkatnya (Serikat Kepausan Anak-Anak Misioner). Alasankelompok kami memilih SEKAMI sebagai kegiatan yang akan kami bahas karena pada saatpada saat kami datang ketempat kegiatan itu dilaksanakan, dalam pikiran kami Betapa menyenangkannya pada saat kami melihat anak-anak itu berbahagia dan bersenang-senang karena banyak hal baru yang kami baru lihat dan pelajari yang kalau dapat dikatakan kegiatan itu belum ada di sekolah. Saat itulah kami datang ke sana dan ikut serta bermain dan belajar disana sperti anak-anak SEKAMI tersebut.
 Pada waktu itu saya bertanya kepada salah satu anak yang berusia 9 tahun itu dan berkata siapa yang mangajak mu untuk tetap rajin datang ke SEKAMI ?. dan anak itu berkata”yang menyuruh saya datang ke SEKAMI ini dan ikut serta dalam kegiatannya adalah saya sendiri, karena kegiatan ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan serta membuat kita lepas dari kesulitan yang ada dan juga kita menjadi tahu tentang lagu-lagu tuhan”
1.2 SEJARAH TERBUATNYA SEKAMI
        Serikat kepausan Anak dan remaja Misioner merupakan gerakan internasional dari anak-anak yang paling tua di seluruh dunia. Pendirinya adalah Mgr. Charles de Forbin Janson, Uskup Nancy, Perancis, pada tahun 1843 dipusatkan ke Roma dengan status kepausan.
Ia sangat prihatin dengan keadaan anak-anak di seluruh dunia, teristimewa di Cina, yg pada waktu itu memiliki banyak anak yg menderita rohani dan jasmani.
Keadaan politik dan sosial ekonomi menyebabkan banyak anak :
1. Menderita kelaparan
2. Dipaksa kerja berat
3. Tidak mendapatkan pendirikan
4. Hidup di jalanan
5. Mengemis dan berbuat kejahatan
6. Banyak anak yg mati tanpa mengenal Tuhan
Alasan Mgr. Charles Mendirikan Kelompok Anak Misioner
        Jadi pada ssat itu dibuatlah SEKAMI. Tetapi bukan hanya untuk anak-anak yang kesusahan, tapi dikalangan kita juga dapat mengikuti kegiatan SEKAMI. Maka pengertian dari SEKAMI itu adalah kegiatan yang dilakukan untuk perkembangan anak-anak.

A. KEGIATAN
        Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh para anak-anak sangat beragam anara lain :
1.    Permaian tebak lagu
Permainan ini dimanfaatkan untuk melatih ingatan anak-anak.cara memainkannya yaitu dengan mendengarkan lagu Tuhan yang telah di dengarkan, kemudian diminta seseorang anak yang maju lalu mengulang lagu itu.
2.    Permainan cepat atau lambat
Permainan ini digunakan untuk melatih kecepatan seseorang anak. Cara memainkannya dengan cara memilih beberapa anak yang berjumlah 5 dan kursi berjumlah 4 sehingga otomatis ada anak yang tidak mendapat kursi, yakni anak itu keluar dari permainan hingga sisa 1 orang yang menjadi pemenang

3.    Permainan tarik tambang mini
Permaianan ini di gunakan untuk melatih fisik anak-anak. Cara memainkannya sangatlah muda yaitu menyediakan tali yang berukuran anak-anak dan bukan tali untuk orang dewasa yang biasa dimainkan. Kemudian mereka memembentuk 2 kelompok yang terdiri atas 4 orang kemudian di belakang anak-anak tersebut disediakan matrix untuk melindungi badan anak itu jika terjatuh atau terlepas dari tali dan yang memang akan mendapat hadiah seperti coklat.

Ada lagi beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh nak-anak itu yaitu :
Bernyanyi, Menari, Menggambar, Melukis, Berdoa, Membaca alkitab, Menulis doa spontan, Melakukan permainan, Pembagian hadiah/tukar hadiah, Menjadi misdinar cilik

B. PERTEMUAN/DOA
        Pertemuan dari SEKAMI itu dimulai dari para anak-anak yang menunggu guru pembimbing mereka datang dan sambil bernyanyi. Pada saat itu kami bercerita, bermain, ketawa-ketiwi dengan anak-anak itu dan kami juga meliaht ada anak-anak itu sangat lucu. Pada saat guru pembimbing mereka datang mereka meyapa guru itu dengan member salam, setelah itu anak-anak itu melakukan doa bersama yang diawali dari tanda salib, menyanyikan sebuah lagu, mengucapkan doa bapa kami, salam maria, kemuliaan, lalu mengucapkan doa spontan.
Setelah mereka selesai berdoa ana-anak melakukan kegiatan yang ada pada kegiatan –kegiatan yang biasanya dilakukan. Selesai itu ada saat mereka mendengarkan cerita tentang yesus lalu guru itu memberikan sebuah kertas dan menyuruh menanggapi sifat apa saja yang ingin kalian contoh dari yesus dan kegiatan tersebut diakhiri dengan trik-trik sulap ala anak SEKAMI.
Setelah semua kegiatan selesai mereka satu per satu dijemput oleh orang tua nya untuk pulang, tetapi mereka diberi hadiah bagi anak yang rajin.
C. SUKA DAN DUKA
        Suka dan duka yang dialami ole hank-anak itu serta gurunya sangat banyak sehingga ada waktu mereka senang, dan sedih. Suka duka yang mereka alami yaitu
Suka :
*  Ada anak anak yang sekian tahun yang lalu telah berhasil menjadi pastor yang terkenal di momere.
*  Anak-anak sekami ini telah memenangkan kejuaraan nyanyi antar provinsi di SEKAMI tersebut.
*  Mengadakan acara setiap 1 bulan sekali seperti makan-makan
*  Biasanya adanya teman-teman baru yang bergabung ke dalam kegiatan SEKAMI
Duka :
ü Ada seseorang anak yang meninggal akibat kecelakaan
ü Berpisahnya teman mereka karena ingin pindah kota
ü Guru pembimbing yang sudah pergi ke kota kendari karena mengajar sekolah minggu disana
ü Biasanya anak-anak sedih karena kegiatan yang diadakan tidak jadi

D. PERMASALAHAN
        Permasalahan –permsalahan yang terjadi di sekolah minngu (SEKAMI) sangat lah banyak. Permasalahan-permasalahan yang terjadi yaitu :
Ø Kurangnya tenaga kerja untuk mengajar anak-anak tersebut
Ø Bagian pelafon dan dekorasi, serta kursi yang digunakan sudah rusak
Ø Cara pembimbingannya juga tidak menarik
Ø Anak anak yang di ajar sangat lah nakal, bandel, dan cerewet
Ø Rata-rata banyak anak-anak yang membantah gurunya
 E. PENYELESAIAN
·       Mengadakan sumbangan-sumbangan di jalan jalan yang bertemakan “Bantu Dan Lindungilah Sesama Mu Yang Membutuhkan” untuk merenovasi tempat itu
·       Membuat peraturan yang menggabungkan dengan permainan agar anak-anak tidak menjadi tegang
·       Buatlah menjadi menarik, agar anak-anak bertambah banyak yang ingin mengikuti kegiatan SEKAMI itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar